Selasa, 02 Oktober 2012

KTSP 2011/2012


BAB I
PENDAHULUAN


A.     Rasional
Perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan dari sentralisasi ke desentralisasi mendorong terjadinya perubahan dan pembaruan pada beberapa aspek pendidikan, termasuk kurikulum. Dalam kaitan ini kurikulum sekolah dasar pun menjadi perhatian dan pemikiran-pemikiran baru, sehingga mengalami perubahan-perubahan kebijakan.
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 Ayat (2) ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Atas dasar pemikiran itu maka dikembangkanlah apa yang dinamakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia  Nomor 19 tahun 2005 bahwa Kurikulum Satuan Pendidikan pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan dari Badan Standar Nasional Pendidikan.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MI AL HIDAYAH Betoyokauman Manyar Gresik dikembangkan sebagai perwujudan dari kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Kurikulum ini disusun oleh satu tim penyusun yang terdiri atas unsur sekolah dan komite sekolah dibawah koordinasi dan suvervisi Kemenag Kabupaten Gresik, serta dengan bimbingan nara sumber ahli pendidikan dan pembelajaran dari Lembaga Pendidikan Maarif MWC NU Manyar dan Cabang Gresik. Pengembangan kurikulum ini didasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut;
1.       berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya;
2.       beragam dan terpadu;
3.       tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
4.       relevan dengan kebutuhan kehidupan;
5.       menyeluruh dan berkesnambungan;
6.       belajar sepanjang hayat; dan
7.       seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.

Pada akhirnya kurikulum ini tetap hanya sebuah dokumen, yang akan menjadi kenyataan apabila terlaksana di lapangan dalam proses pembelajaran yang baik. Pembelajaran, baik di kelas maupun di luar kelas, hendaknya berlangsung secara efektif yang  mampu membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak. Dalam hal ini para pelaksana kurikulumlah (baca: guru) yang akan membumikan kurikulum ini dalam proses pembelajaran. Para pendidik juga hendaknya mampu menyiptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan bagi anak, sehingga anak betah di sekolah. Atas dasar kenyataan tersebut, maka pembelajaran di sekolah dasar hendaknya bersifat mendidik, mencerdaskan, membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak, efektif, demokratis, menantang, menyenangkan, dan mengasyikkan. Dengan spirit seperti itulah kurikulum ini akan menjadi pedoman yang dinamis bagi penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di MI AL HIDAYAH Betoyokauman Manyar Gresik.


B.      Landasan Hukum
Pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan dilandasi oleh :
§  UUD 1945 Pasal 31
§  Undang – Undang R
epublik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional.
§  UU No. 14 tahun 2005 Tentang Undang-Undang Guru dan Dosen
§  Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah.
§  Peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)
§  Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi.
§  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
§  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 24 tahun 2006 tentang pelaksanaan Standar Isi.






























BAB II
PROFIL MADRASAH


A. Keadaan Obyektif Madrasah

a. Identitas
1.       Nama Marasah                              : MI AL HIDAYAH
2.       Alamat / desa                                : Ds. Betoyokauman
Kecamatan                                    : Manyar
Kabupaten                                     : Gresik
Propinsi                                         : Jawa Timur                 (Kode Pos : 61151)
No.Telepon                                    : (031) 3955879
3.       Nama Yayasan                              : LP.MA’ARIF NU
4.       Status Marasah                             : Terakreditasi B
5.       No SK Akriditasi                            : B / Kw.13.4 / MI / 1776 / 2005
6.       NSM                                             : 111235250080
7.       NIS                                               : 110117
8.       Tanggal  didirikan                           : 1 Januari 1952
9.       Tahun beroperasi                           : 16 Juli 1952
10.    Status Tanah                                 : Sertifikat
11.    Luas Tanah                                   : 628 m2
12.    Nama Kepala Marasah                   : PURWANTO, S.Pd
13.    No.SK Kepala Marasah                  : 02/LPM-NU/ALH/A/VII/2011
14.    Masa Kerja Kepala Marasah           : 4 tahun

b.  Data Guru dan Siswa

1. Jumlah Guru
Status
L
P
Jumlah
1. Pegawai Negeri Sipil
-
1
1
2. Guru Tetap Yayasan
6
7
13
3. Guru Tidak Tetap
-
-
-
4. Guru Kontrak Pusat
-
-
-
5. Guru Kontrak Lokal
-
-
-
Jumlah
6
8
14

2. Perkembangan sekolah 5 tahun terakhir


 










3. Rombongan Belajar
Kls 1
Kls 2

Kls 3

Kls 4
Kls 5
Kls 6
Jumlah
1
1
1
1
1
1
6
                       
               * Pelaksanaan KBM Pagi  (07.00 – 14.00)
c.  Data Fasilitas Sekolah

1. Ruangan

No
Jenis Ruangan
Jumlah Ruangan
Kondisi
Baik
Rusak Ringan
Rusak Berat
1
Ruang Kelas
6
3
3

2
Ruang Perpustakaan
1
1


3
Ruang Tata Usaha
1
1


4
Ruang Kepala Sekolah
1
1


5
Ruang Guru
1
1


6
Ruang Lab. IPA
1
1


7
Rang Lab. Komputer
1
1


8
Ruang Lab. Bahasa




9
Ruang BP




10
Ruang OSIS




11
Ruang Keterampilan
1
1


12
Gudang
1
1



2. Infrastruktur

No
Jenis
Jumlah
Kondisi
Baik
Rusak Ringan
Rusak Berat
1
Pagar Depan
1

1

2
Pagar Samping
1
1


3
Pagar Belakang
1
1


4
Tiang Bendera
1
1


5
Reservoir/menara air




6
Bak Sampah Permanen
1
1


7
Saluran Primer
1
1


8
Sarana olah raga
10
10


           
3. Perabot

No
Perabot
Jumlah
Kondisi
Baik
Rusak Ringan
Rusak Berat
1
Ruang Kelas
1
1


2
Ruang Perpustakaan
1
1


3
Ruang Tata Usaha
1
1


4
Ruang Kepala Sekolah
1
1


5
Ruang Guru
1
1


6
Ruang Lab. IPA
1
1


7
Ruang Keterampilan




8
Ruang Komputer
1
1


9
Ruang Lab Bahasa




10
Gudang
1
1


11
Koperasi




12
OSIS




13
Lain-lain












4. Sanitasi dan Air Bersih

No
Ruang / Fasilitas
Jumlah
Kondisi
Baik
Rusak Ringan
Rusak Berat
1
KM / WC Siswa Putra
1
1


2
KM / WC Siswa Putri
1
1


3
KM / WC Guru
2
2



5. Sumber Air Bersih
a.     Jenis Sumber Air Bersih

N0
Jenis
Kondisi
Baik
Rus. Ringan
Rus.Berat
1
Sumur dg. pompa listrik


2
Sumur tanpa pompa listrik



3
Tadah Hujan



4
Lain-lain




b.    Kuantitas / debit air ( pilih salah satu ) :
Cukup ____________ sedikit/kecil_____________ tidak memngalir __________
c.     Kualitas air ( pilih salah satu ) :
Baik_____________    Tidak baik ( keruh.berbauh dll ) ____________________

6. Sumber Listrik ( Beri cek (V) untuk yang sesuai dan isi angka KVA

PLN ____________ KVA             Generator __________________KVA

N0
Fasilitas
Jumlah
Pemanfaatan
Kondisi
Berfungsi
Tidak
Baik
RR
RB
1
Lampu TL
16
16


2
4
2
Lampu Pijar
10
10

10


3
Sto Kontak
16
16

9
1
6
4
Intalasi List
1
1

1


5
Lain-lain







7. Alat Penunjang KBM

N0
Fasilitas
Jumlah
Pemanfaatan Alat
Kondisi
Dipakai
Tidak
Jarang
Baik
RR
RB
1
Bhs.Indonesia





2
Matematika





3
Fisika







4
Biologi







5
IPS





6
Bhs.Inggris





7
Lain-lain






8. Alat Mesin Kantor

N0
Fasilitas
Jumlah
Pemanfaatan Alat
Kondisi
Dipakai
Tidak
Jarang
Baik
RR
RB
1
Mesin Ketik
1




2
Filing Cabinet







3
Lain-lain(comp)
2




9.      Buku

No
Jenis
Penerbit
Jumlah Eks
Kurang
Berlebih
Ket.
1
PPKn
Yudistira
178



2
MP.Agama
TS




3
B.Inggris
BSE
178



4
Fisika





5
MTK
Erlangga




6
B.Indo
BSE
178



7
Sains
BSE
178



8
Penjaskes
BSE
178



9
IPS
BSE
178



10
Geografi





11
Ekonomi





12
Kertakes
Erlangga
178



13






                       
Keterangan : Buku Agama terdiri dari : Qur’an Hadis, Aqidah Ahlaq, Fiqih, SKI, dan Bahasa Arab.


B. Visi, Misi dan Tujuan Sekolah

1.      Visi:
Terbina dalam akhlaq terdepan dalam prestasi dan berwawasan lingkungan

2.      Misi
2.1.    Melaksanakan pembelajaran agama Islam secara berkesinambungan sehingga siswa mampu menerapkan secar optimal dalam kehidupan sehari-hari, baik dilingkungan sekolah maupun di tengah-tengah masyarakat yang berhaluan Ahlussunah Wal Jama'ah.
2.2.    Menerapkan dan melaksanakan pembelajaran bahasa Arab dan Inggris dengan efektif dan menyenangkan serta terintegrasi melalui program :
a.     Ekstra kurikuler
b.    Sosial kemasyarakatan
c.     Kesenian
2.3.     Merealisasikan Managemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan komite madrasah.
2.4.     Mendorong dan membantu siswa mengenali potensi pada dirinya untuk dikembangkan secara optimal.

C. Tujuan Pendidikan
         Tujuan pendidikan dasar secara umum adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
            Secara khusus tujuan pendidikan di MI AL HIDAYAH Betoyokauman adalah:
3.1.    Dapat mengamalkan ajaran agama  hasil proses pembelajaran dan kegiatan pembiasaan;
3.2.    Meraih prestasi akademik maupun non akademik minimal tingkat Kec. Manyar;
3.3.    Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi;
3.4.    Menjadi sekolah pelopor dan penggerak di lingkungan masyarakat sekitar;
3.5.    Menjadi sekolah yang diminati di masyarakat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar