BAB I
PENDAHULUAN
A. Rasional
Perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan dari
sentralisasi ke desentralisasi mendorong terjadinya perubahan dan pembaruan pada beberapa aspek pendidikan,
termasuk kurikulum. Dalam kaitan ini kurikulum sekolah dasar pun menjadi
perhatian dan pemikiran-pemikiran baru, sehingga mengalami perubahan-perubahan
kebijakan.
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan
mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai
pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu. Berdasarkan Undang-Undang
Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 Ayat (2)
ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan
dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah,
dan peserta didik. Atas dasar pemikiran itu maka dikembangkanlah apa yang
dinamakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah
kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing
satuan pendidikan. Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik
Indonesia Nomor 19 tahun 2005 bahwa
Kurikulum Satuan Pendidikan pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mengacu
pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan
dari Badan Standar Nasional Pendidikan.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MI AL HIDAYAH
Betoyokauman Manyar Gresik dikembangkan sebagai perwujudan dari kurikulum
pendidikan dasar dan menengah. Kurikulum ini disusun oleh satu tim penyusun
yang terdiri atas unsur sekolah dan komite sekolah dibawah koordinasi dan
suvervisi Kemenag Kabupaten Gresik, serta dengan bimbingan nara sumber ahli
pendidikan dan pembelajaran dari Lembaga Pendidikan Maarif MWC NU Manyar dan
Cabang Gresik. Pengembangan kurikulum ini didasarkan pada prinsip-prinsip
sebagai berikut;
1.
berpusat pada potensi,
perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya;
2.
beragam dan terpadu;
3.
tanggap terhadap
perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
4.
relevan dengan kebutuhan
kehidupan;
5.
menyeluruh dan
berkesnambungan;
6.
belajar sepanjang hayat;
dan
7.
seimbang antara kepentingan
nasional dan kepentingan daerah.
Pada akhirnya kurikulum ini
tetap hanya sebuah dokumen, yang akan menjadi kenyataan apabila terlaksana di
lapangan dalam proses pembelajaran yang baik. Pembelajaran, baik di
kelas maupun di luar kelas, hendaknya berlangsung secara efektif yang mampu membangkitkan aktivitas dan kreativitas
anak. Dalam hal ini para pelaksana kurikulumlah (baca: guru) yang akan
membumikan kurikulum ini dalam proses pembelajaran. Para
pendidik juga hendaknya mampu menyiptakan pembelajaran yang menyenangkan dan
mengasyikkan bagi anak, sehingga anak betah di sekolah. Atas dasar kenyataan
tersebut, maka pembelajaran di sekolah dasar hendaknya bersifat mendidik,
mencerdaskan, membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak, efektif,
demokratis, menantang, menyenangkan, dan mengasyikkan. Dengan spirit seperti
itulah kurikulum ini akan menjadi pedoman yang dinamis bagi penyelenggaraan
pendidikan dan pengajaran di MI AL HIDAYAH Betoyokauman Manyar
Gresik.
B. Landasan
Hukum
Pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan
dilandasi oleh :
§ UUD 1945 Pasal 31
§ Undang – Undang R
epublik Indonesia Nomor 20 tahun
2003 tentang sistem pendidikan Nasional.
§ UU No. 14 tahun 2005 Tentang Undang-Undang Guru dan Dosen
§ Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 32 tahun
2004 tentang pemerintahan daerah.
§ Peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 19
tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)
§ Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia
Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi.
§ Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 23
tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
§ Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 24
tahun 2006 tentang pelaksanaan Standar Isi.
BAB II
PROFIL MADRASAH
A. Keadaan
Obyektif Madrasah
a. Identitas
1.
Nama Marasah : MI AL HIDAYAH
2.
Alamat / desa : Ds.
Betoyokauman
Kecamatan :
Manyar
Kabupaten :
Gresik
Propinsi :
Jawa Timur (Kode Pos :
61151)
No.Telepon :
(031) 3955879
3.
Nama Yayasan : LP.MA’ARIF NU
4.
Status Marasah : Terakreditasi
B
5.
No SK Akriditasi :
B / Kw.13.4 / MI / 1776 / 2005
6.
NSM : 111235250080
7.
NIS : 110117
8.
Tanggal didirikan : 1 Januari 1952
9.
Tahun beroperasi :
16 Juli 1952
10.
Status Tanah : Sertifikat
11.
Luas Tanah : 628
m2
12.
Nama Kepala Marasah : PURWANTO, S.Pd
13.
No.SK Kepala Marasah : 02/LPM-NU/ALH/A/VII/2011
14.
Masa Kerja Kepala Marasah : 4 tahun
b. Data Guru
dan Siswa
1. Jumlah
Guru
Status
|
L
|
P
|
Jumlah
|
1. Pegawai Negeri Sipil
|
-
|
1
|
1
|
2. Guru Tetap Yayasan
|
6
|
7
|
13
|
3. Guru Tidak Tetap
|
-
|
-
|
-
|
4. Guru Kontrak Pusat
|
-
|
-
|
-
|
5. Guru Kontrak Lokal
|
-
|
-
|
-
|
Jumlah
|
6
|
8
|
14
|
2.
Perkembangan sekolah 5 tahun terakhir
3.
Rombongan Belajar
Kls 1
|
Kls 2
|
Kls 3 |
Kls 4
|
Kls 5
|
Kls 6
|
Jumlah
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
6
|
* Pelaksanaan KBM Pagi (07.00 – 14.00)
c. Data Fasilitas Sekolah
1. Ruangan
No
|
Jenis
Ruangan
|
Jumlah Ruangan
|
Kondisi
|
||
Baik
|
Rusak Ringan
|
Rusak Berat
|
|||
1
|
Ruang
Kelas
|
6
|
3
|
3
|
|
2
|
Ruang
Perpustakaan
|
1
|
1
|
|
|
3
|
Ruang
Tata Usaha
|
1
|
1
|
|
|
4
|
Ruang
Kepala Sekolah
|
1
|
1
|
|
|
5
|
Ruang
Guru
|
1
|
1
|
|
|
6
|
Ruang
Lab. IPA
|
1
|
1
|
|
|
7
|
Rang Lab. Komputer
|
1
|
1
|
|
|
8
|
Ruang Lab. Bahasa
|
|
|
|
|
9
|
Ruang BP
|
|
|
|
|
10
|
Ruang OSIS
|
|
|
|
|
11
|
Ruang Keterampilan
|
1
|
1
|
|
|
12
|
Gudang
|
1
|
1
|
|
|
2. Infrastruktur
No
|
Jenis
|
Jumlah
|
Kondisi
|
||
Baik
|
Rusak Ringan
|
Rusak Berat
|
|||
1
|
Pagar Depan
|
1
|
|
1
|
|
2
|
Pagar Samping
|
1
|
1
|
|
|
3
|
Pagar
Belakang
|
1
|
1
|
|
|
4
|
Tiang
Bendera
|
1
|
1
|
|
|
5
|
Reservoir/menara
air
|
|
|
|
|
6
|
Bak
Sampah Permanen
|
1
|
1
|
|
|
7
|
Saluran
Primer
|
1
|
1
|
|
|
8
|
Sarana
olah raga
|
10
|
10
|
|
|
3.
Perabot
No
|
Perabot
|
Jumlah
|
Kondisi
|
|||
Baik
|
Rusak Ringan
|
Rusak Berat
|
||||
1
|
Ruang
Kelas
|
1
|
1
|
|
|
|
2
|
Ruang
Perpustakaan
|
1
|
1
|
|
|
|
3
|
Ruang
Tata Usaha
|
1
|
1
|
|
|
|
4
|
Ruang
Kepala Sekolah
|
1
|
1
|
|
|
|
5
|
Ruang
Guru
|
1
|
1
|
|
|
|
6
|
Ruang
Lab. IPA
|
1
|
1
|
|
|
|
7
|
Ruang
Keterampilan
|
|
|
|
|
|
8
|
Ruang
Komputer
|
1
|
1
|
|
|
|
9
|
Ruang
Lab Bahasa
|
|
|
|
|
|
10
|
Gudang
|
1
|
1
|
|
|
|
11
|
Koperasi
|
|
|
|
|
|
12
|
OSIS
|
|
|
|
|
|
13
|
Lain-lain
|
|
|
|
|
|
4.
Sanitasi dan Air Bersih
No
|
Ruang / Fasilitas
|
Jumlah
|
Kondisi
|
||
Baik
|
Rusak Ringan
|
Rusak Berat
|
|||
1
|
KM
/ WC Siswa Putra
|
1
|
1
|
|
|
2
|
KM
/ WC Siswa Putri
|
1
|
1
|
|
|
3
|
KM
/ WC Guru
|
2
|
2
|
|
|
5.
Sumber Air Bersih
a.
Jenis
Sumber Air Bersih
N0
|
Jenis
|
Kondisi
|
||
Baik
|
Rus. Ringan
|
Rus.Berat
|
||
1
|
Sumur
dg. pompa listrik
|
√
|
|
|
2
|
Sumur
tanpa pompa listrik
|
|
|
|
3
|
Tadah
Hujan
|
|
|
|
4
|
Lain-lain
|
|
|
|
b. Kuantitas
/ debit air ( pilih salah satu ) :
Cukup ______√______
sedikit/kecil_____________ tidak memngalir __________
c. Kualitas
air ( pilih salah satu ) :
Baik______√_______ Tidak baik ( keruh.berbauh dll )
____________________
6.
Sumber Listrik ( Beri cek (V) untuk yang sesuai dan isi angka KVA
PLN __√__________
KVA Generator
__________________KVA
N0
|
Fasilitas
|
Jumlah
|
Pemanfaatan
|
Kondisi
|
|||
Berfungsi
|
Tidak
|
Baik
|
RR
|
RB
|
|||
1
|
Lampu
TL
|
16
|
16
|
|
|
2
|
4
|
2
|
Lampu
Pijar
|
10
|
10
|
|
10
|
|
|
3
|
Sto
Kontak
|
16
|
16
|
|
9
|
1
|
6
|
4
|
Intalasi
List
|
1
|
1
|
|
1
|
|
|
5
|
Lain-lain
|
|
|
|
|
|
|
7. Alat
Penunjang KBM
N0
|
Fasilitas
|
Jumlah
|
Pemanfaatan Alat
|
Kondisi
|
||||
Dipakai
|
Tidak
|
Jarang
|
Baik
|
RR
|
RB
|
|||
1
|
Bhs.Indonesia
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
2
|
Matematika
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
3
|
Fisika
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Biologi
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
IPS
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
6
|
Bhs.Inggris
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
7
|
Lain-lain
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
8. Alat
Mesin Kantor
N0
|
Fasilitas
|
Jumlah
|
Pemanfaatan Alat
|
Kondisi
|
||||
Dipakai
|
Tidak
|
Jarang
|
Baik
|
RR
|
RB
|
|||
1
|
Mesin Ketik
|
1
|
|
|
√
|
√
|
|
|
2
|
Filing Cabinet
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Lain-lain(comp)
|
2
|
√
|
|
|
√
|
|
|
9. Buku
No
|
Jenis
|
Penerbit
|
Jumlah Eks
|
Kurang
|
Berlebih
|
Ket.
|
1
|
PPKn
|
Yudistira
|
178
|
|
|
|
2
|
MP.Agama
|
TS
|
|
|
|
|
3
|
B.Inggris
|
BSE
|
178
|
|
|
|
4
|
Fisika
|
|
|
|
|
|
5
|
MTK
|
Erlangga
|
|
|
|
|
6
|
B.Indo
|
BSE
|
178
|
|
|
|
7
|
Sains
|
BSE
|
178
|
|
|
|
8
|
Penjaskes
|
BSE
|
178
|
|
|
|
9
|
IPS
|
BSE
|
178
|
|
|
|
10
|
Geografi
|
|
|
|
|
|
11
|
Ekonomi
|
|
|
|
|
|
12
|
Kertakes
|
Erlangga
|
178
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: Buku Agama terdiri dari : Qur’an Hadis, Aqidah Ahlaq, Fiqih, SKI, dan Bahasa
Arab.
B. Visi, Misi dan
Tujuan Sekolah
1. Visi:
Terbina dalam akhlaq terdepan dalam
prestasi dan berwawasan lingkungan
2. Misi
2.1. Melaksanakan pembelajaran agama Islam secara
berkesinambungan sehingga siswa mampu menerapkan secar optimal dalam kehidupan
sehari-hari, baik dilingkungan sekolah maupun di tengah-tengah masyarakat yang
berhaluan Ahlussunah Wal Jama'ah.
2.2. Menerapkan dan melaksanakan
pembelajaran bahasa Arab dan Inggris dengan efektif dan menyenangkan serta
terintegrasi melalui program :
a. Ekstra
kurikuler
b. Sosial
kemasyarakatan
c. Kesenian
2.3. Merealisasikan
Managemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan komite madrasah.
2.4. Mendorong
dan membantu siswa mengenali potensi pada dirinya untuk dikembangkan secara
optimal.
C. Tujuan
Pendidikan
Tujuan pendidikan dasar
secara umum adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian,
akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan
lebih lanjut.
Secara
khusus tujuan pendidikan di MI AL HIDAYAH Betoyokauman adalah:
3.1. Dapat mengamalkan ajaran
agama hasil proses pembelajaran dan
kegiatan pembiasaan;
3.2. Meraih prestasi akademik
maupun non akademik minimal tingkat Kec. Manyar;
3.3. Menguasai dasar-dasar ilmu
pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih
tinggi;
3.4. Menjadi sekolah pelopor dan
penggerak di lingkungan masyarakat sekitar;
3.5. Menjadi sekolah yang diminati
di masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar