BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk
mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara
aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual
keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta
keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara (UU No. 20
Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional).
Dalam rangka mempersiapkan otonomi daerah yang diikuti
dengan otonomi pendidikan maka perlu adanya perencanaan yang baik dan terarah
yang dijadikan acuan dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar.
Sesuai dengan PERMEN
nomor 24 tahun 2006 yang menerapkan sistem KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan) yang dituntut semua lulus kemampuan dasar, maka menuntut madrasah
untuk membuat Program Kerja yang jelas dan terarah sesuai dengan tuntutan
lingkungan Madrasah.
Kemampuan dasar adalah bagian dari standart kopetensi yang
menuntut siswa untuk dapat mencapai kemampuan minimum dalam mata
pelajaran/bidang studi yang harus dikuasai siswa.
Untuk melaksanakan UU Pendidikan serta ketercapaian
Kemampuan Dasar minimum menuntut kepada semua lembaga membuat program kerja
yang jelas dan terarah.
Selanjutnya dengan
adanya program yang terencana diharapkan terjadi peningkatan kerja seluruh
warga Madrasah yang akhirnya terjadi peningkatan mutu pendidikan khususnya di
Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah
Betoyokauman kecamatan Manyar kabupaten Gresik Jawa Timur.
B. Tujuan
Dengan adanya program kerja madrasah tahun pelajaran 2011/2012
ini dengan tujuan :
1. Mampu memberikan petunjuk didalam menyusun adminitrasi
kegiatan belajar mengajar.
2. Sebagai acuan keberhasilan kegiatan belajar di Madrasah
Ibtidaiyah Al Hidayah tahun pelajaran 2011/2012.
3. Memperjelas pembagian tugas, waktu pelaksanaan serta
rencana yang akan dituntaskan.
4. Terjadinya kreatifitas dan inisiatif dalam melaksanakan
tugas bagi seluruh warga madrasah.
5. diharapkan lulusan MI Al Hidayah Betoyokauman memiliki
kemampuan dasar sesuai dengan kemampuan minimal yang harus dikuasai oleh setiap
siswa serta berakhlakul karimah.
BAB II
VISI, MISI, TUJUAN, ANALISA KONDISI LINGKUNGAN
DAN KONDISI OBYEKTIF
A. VISI, MISI, DAN TUJUAN
1. Visi Madrasah
Terbina dalam Akhlaq, Terdepan dalam Prestasi, dan
Berwawasan Lingkungan.
Indikator-Indikatornya adalah:
a.
Siswa memiliki akhlaq yang baik
b.
Unggul dalam pembinaan keagamaan Islam.
c.
Unggul dalam peningkatan prestasi UN
d.
Unggul dalam prestasi Bahasa Arab/Inggris
e.
Unggul dalam prestasi akademik.
f.
Unggul dalam prestasi olah raga.
g.
Unggul dalam prestasi kesenian.
h. Memiliki
lingkungan madrasah yang nyaman dan kondusif untuk belajar.
i.
Mendapatkan kepercayaan dari masyarakat
2. Misi Madrasah
w Melaksanakan pembelajaran agama Islam secara
berkesinambungan yang berazaskan Ahlussunah Waljama'ah.
w Menerapkan dan melaksanakan pembelajaran bahasa Arab
bahasa Inggris, dan Bahasa Jawa Kromo dengan efektif dan menyenangkan serta
terintegrasi melalui program
a. Ekstra Kurikuler
b. Sosial Kemasyarakatan dan
c. Kesenian.
w Merealisasikan manageman partisipatif dengan melibatkan
seluruh warga madrasah dan komite madrasah.
w Mendorong dan membantu siswa mengenali potensi dirinya
untuk dikembangkan secara optimal.
Indikator-Indikatornya Misi adalah:
a. Menjadikan ajaran-ajaran dan nilai-nilai Islam.sebagai pandangan hidup,
sikap hidup dan keterampilan hidup dalam kehidupan sehari-hari.
b. Memiliki daya saing dalam prestasi Akademik
c. Memiliki daya saing dalam memasuki pendidikan dasar lebih lanjut
(SMP/MTs) yang favorit.
d. Memiliki daya saing dalam prestasi akademik dan non akademik.
e. Memiliki daya saing dalam prestasi KIR pada tingkat
lokal,atau nasional
f. Memiliki daya saing dalam prestasi Ilmu Pengetahuan
dan Tehnologi
g. Memiliki daya saing dalam prestasi seni dan olah raga.
h. Memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan.
i. Memiliki kemampuan beradaptasi dan survive di lingkungannya.
j. Memiliki lingkungan Madrasah yang nyaman dan kondusif untuk belajar.
k. Mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.
3. Tujuan Madrasah
Tujuan pendidikan dasar secara umum adalah meletakkan
dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan
untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Secara khusus tujuan pendidikan di MI AL HIDAYAH
Betoyokauman adalah:
a. Dapat mengamalkan ajaran agama hasil
proses pembelajaran dan kegiatan pembiasaan;
b. Meraih prestasi akademik maupun non akademik minimal tingkat Kec. Manyar;
c. Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk
melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi;
d. Menjadi sekolah pelopor dan penggerak di lingkungan masyarakat sekitar;
e. Menjadi sekolah yang diminati di masyarakat.
B. ANALISA KONDISI LINGKUNGAN
1. Kekuatan
a.
Kelayakan
tenaga Guru Cukup memadai
b. Loyalitas Guru dan karyawan yang
tinggi
c.
Sarana
pembelajaran cukup memadai
d.
Program
madrasah yang dilaksanakan oleh semua guru dan karyawan dengan baik.
e.
Dukungan
dari pengurus lembaga yang sangat besar.
2. Kelemahan
a. Kinerja staf, karyawan (Karyawan Baru) kurang optimal.
b. Terbatasnya dana yang tersedia
c. Sarana dan prasarana kurang sempurna.
d. Kwalitas kedisiplinan guru masih
belum sesuai dengan standart yang ditentukan.
3. Peluang
a. Adanya dukungan dari pemerintah.
b. Diterapkan aturan pendidikan memberi peluang Madrasah
untuk berkembang.
c. Adanya dukungan dari masyarakat yang cukup besar.
d. Minat siswa dan wali murid pada pendidikan yang
berkualitas cukup tinggi
e. Minat siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler cukup
besar.
f. Adanya sertifikasi bagi guru.
4. Ancaman
a. Masyarakat semakin kritis dalam
menilai lembaga pendidikan
b. Kompetisi prestasi lulusan sangat ketat antar lembaga pendidikan
c. Ketatnya persyaratan untuk melanjutkan kelembaga
pendidikan yang lebih tinggi.
d. Persaingan untuk menjadi juara dalam setiap perlombaan antar
madrasah sangat tinggi.
5. Identifikasi Madrasah
a. Hasil ujian yang kurang maksimal baik klasikal maupun
individual
b. Kemampuan siswa yang hiterogen dan kesenjangan yang sangat
tinggi.
c. Setelah lulus penghormatan kepada
guru berkurang.
d. Kemampuan ubudiah siswa terus ditingkatkan
e. Motivasi dan kemampuan bahasa asing yang masih rendah
f. Kinerja staf dan karyawan kurang maksimal.
g. Masih ada Guru yang datang terlambat anak sudah baris dan
berdo’a.
h. Masih ada Guru putri yang tidak mendampingi siswa saat
sholat Dluhur berjama’ah.
i. Pemahaman guru dalam membuat perangkat pembelajaran masih kurang.
j. EDS (Evaluasi Diri Madrasah) dan SPM (Standar Pelayanan
Minimal)
6. Alternatif Langkah Pemecahan Masalah
a. Mengadakan les khusus siswa kelas terakhir secara rutin
b. Berkerjasama dengan lembaga terkait ditingkatkan, dalam
menunjang keterampilan siswa
c. Pembiasaan siswa berakhlakul karimah.
d. Mewujutkan rencana kegiatan dan pembinaan ekstrakurikuler
dengan baik dan berkesinambungan.
e. Penambahan sarana prasarana khususnya bidang
ekstrakurikuler
f. Meningkatkan pengalaman dan
pendidikan staf pengajar secara berkala.
g. Memberikan motifasi pada guru dan
staf untuk datang lebih awal.
h. Selalu mengingatkan pentingnya sholat
berjama’ah.
i. Mengikutsertakan guru dalam pembinaan
membuat perangkat pembelajaran.
j. Selalu mengingatkan Guru dan staf
untuk tertib adminitrasi baik pribadi maupun kelembagaan dan berupaya untuk
pemenuhan SPM.
C. SASARAN
1. Adanya peningkatan hasil ujian akhir secara klasikal
minimal 7,50
2. Siswa berakhlakul karimah baik di madrasah, di rumah,
maupun di masyarakat.
3. Siswa dapat berbicara “Basa Krama” dengan orang yang lebih
tua.
4. Siswa yang lulus mampu menguasai syarat, rukun serta
dasarnya dalam sholat fardhu.
5. Siswa mempunyai ketrampilan berbahasa yang baik
6. Adanya peningkatan kinerja staf dan karyawan secara
terus-menerus.
7. Pembuatan/pembagian kerja dan piket staf TU yang jelas
8. Mengoptimalkan kinerja wali kelas.
9. Setiap awal tahun pelajaran guru sudah siap dengan
perangkat pembelajaran dan dapat merealisasikan dengan baik.
D. IDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSI SASARAN
1. Peran serta guru mata pelajaran dalam menyusun strategi
pembelajaran yang efektif dan optimal.
2. Penyusunan buku panduan praktek ubudiyah.
3. Ekstra bahasa Jawa (Kromo) dimaksimalkan (diadakan
hari-hari khusus untuk berbahasa kromo)
4. Perbaikan dan pengadaan sarana dan prasarana penunjang
berbahasa
5. Merencanakan dan menoktimalkan lembaga dengan baik
6. Secara rutin mengadakan pembinaan
terhadap staf dan karyawan
7. Bekerja sama dengan lembaga terkait.
8. Penambahan peralatan praktik (Olah
raga, Kesenian, Komputer, IPA, Bahasa, dan Matematika)
9. Pengadaan penunjang KBM (ruang untuk
pembelajaran dengan proyektor).
10. Menjalin rasa persaudaraan yang
tinggi antar Guru dan Karyawan.
11. Pengadaan kipas angin untuk setiap
kelas dan perbaikan penerangan ruang.
BAB III
PROGRAM KERJA MI AL HIDAYAH BETOYOKAUMAN
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
I. BIDANG KURIKULUM
Untuk memenuhi target kurikulum yang maksimal, Madrasah
Ibtidaiyah Al Hidayah menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
untuk semua kelas dari kelas I s/d VI. Kelas I dan II jumlah jam per minggu 36. kelas III –
VI 52 jam.
Untuk kelas VI setelah midl semester
ganjil ada penambahan jam yang dikemas dalam les di madrasah yang dilaksanakan
pada malam/sore hari untuk bidang studi umum yang di UN kan sedangkan untuk
bidang studi yang lain terutama bidang studi Agama dilaksanakan setelah Ujian
semester Ganjil, dan pembinaan khusus keagamaan yaitu istighotsah yang
dilaksanakan satu bulan dua kali pada malam Jumat, yang harapannya dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa dan memberikan kemantapan lahir maupun
bathin dalam menghadapi UAMBN-UN sehingga nilai UAMBN-UN semakin meningkat.
II. BIDANG EKSTRAKURIKULER
a. Komputer
Ekstra
komputer ini dilaksanakan siswa kelas III, IV, V selama dua semester sedangkan
untuk kelas VI hanya satu semester dengan membentuk kelompok-kelompok yang
terdiri dari 10 siswa, adapun pendanaan kegiatan ini diperoleh dari siswa dan
disubsidi oleh pengurus madrasah.
b. Praktek Ibadah
Kegiatan
ini dilaksanakan siswa kelas I - IV dengan pembinaan khusus masalah pelaksanaan
kegiatan seputar sholat dan syarat rukunnya, untuk kelas V dan VI diadakan
pembinaan khusus tentang masa pubertas. Dibina oleh seorang guru dan
dilaksanakan secara bergiliran.
c. Sholat Dhuhur Berjama’ah
Usia
siswa yang masih labil dalam menerima ajakan dan saran terlebih dalam
melaksanakan sholat berjama’ah perlu dipupuk sejak dini sehingga anak terbiasa
dalam melaksanakan sholat berjama’ah. Adapun ekstra sholat berjama’ah ini
dilaksanakan untuk kelas III s/d VI. Untuk kelas I dan II karena pulangnya pukul 11.00 WIB
maka, tidak diikutkan.
Mulai tahun 2009/2010 pelaksanaan
sholat dhuhur tepat waktu sudah dilaksanakan, yaitu pada saat adzan Dluhur
pelaksanaan KBM dihentikan untuk melaksanakan sholat Dluhur, selanjutnya
kekurangan waktu akan dilanjutkan setelah pelaksanaan sholat Dluhur yang
tujuannya untuk menanamkan pada diri anak sejak dini betapa pentingnya sholat
bagi seorang muslim, sehingga apapun yang mereka kerjakan ditinggalkan untuk
melaksanakan sholat berjama’ah.
d. Sholat Dhuha
Kegiatan
ini dilaksanakan siswa kelas III – VI
dibagi menjadi dua kelompok putra dan putri setiap kelompok dibina oleh
guru yang mengajar pada hari itu, dilaksanakan di masjid Baiturrohim
Betoyokauman pada saat istirahat secara bergantian, satu hari untuk putra dan
satu hari untuk putri yang diharapkan membiasakan anak untuk melaksanakan
sholat dhuhah.
e. Kepramukaan
Pembinaan
kepramukaan ini dilaksanakan secara rutin dengan harapan dapat mencetak anak
yang disiplin, tegas, mandiri, tanggung jawab, dan berakhlakul karimah.
pelaksanaannya setiap Jum’at yang terdiri dari dua jenjang kelas I-III (Siaga)
dan kelas IV-VI (Penggalang). Dibina oleh 1 pembina satuan dan 2 pembina Bantu
dan pada saat liburan diadakan kegiatan perkemahan/jelajah alam harapannya anak
lebih mengenal dan mencintai lingkungannya.
f.
Hafalan Surat Yasin/Waqia dan Surat-surat Pendek
Kegiatan ini bertujuan untuk
menunjang praktek keagamaan dan memanfaatkan usia anak dimana ada pepatah. “Belajar
diwaktu kecil bagai mengukir di atas batu, belajar sesudah dewasa laksana
mengukir di atas air” pepatah itulah yang mendorong kegiatan ini untuk
menanamkan hafalan-hafalan yang akan melekat pada diri anak sampai mati.
g. Drum Band
Dengan
semakin besarnya dukungan dari masyarakat dan pengelolah lembaga Al Hidayah
sehingga mampu mewujudkan kegiatan ekstra Dram Band yang bertujuan untuk
menjaring potensi-potensi pada siswa yang nantinya dapat dilanjutkan pada
jenjang selanjutnya, dan merupakan ladang promosi untuk menunjukkan pada
masyarakat sekitar keberadaan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Al Hidayah
Betoyokauman, dan harapannya di tahun pelajaran 2011/2012 dengan adanya
penambahan peralatan kegiatan Drum Band MI Al Hidayah lebih baik.
h. Samroh
Kota
Gresik yang identik dengan julukan kota santri, sehingga kesenian-kesenian yang
bersifat keagamaan selalu dibangakannya dan kegiatan ini setiap tahun pasti
dilombakan sehingga untuk memperoleh juara maka pembinaan harus selalu
digalakkan.
i. Istighosah
Dilaksanakan
secara rutin tiap bulannya dan khusus kelas VI dalam rangka pembinaan mental
untuk menghadapi Ulangan Akhir Madrasah (UAS) dilaksanakan tiap malam
Jum’at diikuti oleh seluruh dewan guru,
dan menjelang ujian akan dilaksanakan bersama-sama dengan wali murid.
j. Pembinaan Olah Raga Prestasi
Dilaksanakan secara rutin khusus untuk tahun ini dalam rangka mempersiapkan kontingen PORSENI pembinaan lebih diintensifkan sehingga diharapkan siswa akan dapat berprestasi, ada pun teknik pembinaan dan penjaringan siswa akan diatur sesuai dengan kebutuhan dan untuk setiap bidang olah raga akan dibina oleh satu guru.
k. Pembinaan KIR/Bidang studi yang
dilombakan
Dilaksanakan secara rutin dalam rangka untuk menyiapkan siswa-siswi yang
mampu bersaing dalam setiap perlombaan, (lomba mata pelajaran, pelajar teladan,
olimpiade) sehingga diharapkan setiap ada kompetisi siswa-siswi membawa tropi
juara.
l. Mengaji Al Qur’an
Pada tahun pelajaran 2011/2012 diupayakan diberi waktu khusus untuk mengaji Al Qur’an 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, dengan harapan siswa lebih mendalami agama dan mempunyai pembiasaan yang baik.
III. TENAGA PENGAJAR
Pembinaan rutin melalui rapat bulanan oleh kepala madrasah
Ibtidaiyah, supervisi terpadu PPAI, supervisi dari Kementrian Agama Kab. Gresik
atau Kanwil sewaktu-waktu didatangi.
Mengikutsertakan/mengirim tenaga pendidik setiap ada
penataran/pelatihan yang diadakan oleh Kemenag, Dinas Pendidikan maupun oleh
LSM. Yang harapannya guru akan semakin trampil dalam membuat perangkat
pembelajaran dan menciptakan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
IV. BIDANG KARYAWAN
Mengadakan pengawasan dan pembinaan terhadap kerja staf
Tata Usaha setiap saat dan pembagian tugas yang merata dan sesuai dengan jobnya
masing-masing.
Pengadaan computer khusus untuk TU sehingga surat-menyurat
dan adminitrasi keuangan dapat tertata rapi.
Mengusulkan peningkatan honor yang
disesuaikan dengan prestasi kinerja mereka.
BAB IV
GARIS-GARIS PEMBAGIAN TUGAS
I. TUGAS GURU
Bertanggung
jawab kepada Kepala Madrasah dalam melaksanakan KBM meliputi :
1). Melaksanakan proses belajar mengajar (PBM) sesuai dengan
mata pelajaran yang dipercayakan.
2). Membuat perangkat pembelajaran (RPE, program tahunan,
program semester, satuan pelajaran, kisi-kisi soal, analisis soal sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kemudian
diserahkan kepada kepala madrasah atau waka kurikulum.
3). Melaksanakan evaluasi terhadap anak
didik.
4). Mengisi daftar nilai anak didik
5). Melaksanakan analisis hasil ulangan harian
6). Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
7). Melaksanakan kegiatan membimbing (pengimbasan
pengetahuan), kepada guru lain dalam proses pembelajaran
8). Membuat alat pelajaran/alat peraga
9). Mengadakan pengembangan program pembelajaran
10). Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar anak didik
11). Mengisi dan meneliti daftar hadir sebelum memulai
pelajaran
12). Mengatur kebersihan ruang kelas dan sekitarnya
13). Menjadikan kelas yang kondusif sewaktu melaksanakan proses
belajar mengajar.
14). Membimbing dan membina agar siswa giat belajar.
15). Membuat laporan tentang pelaksanaan tugas yang telah dipercayakan,
kepada kepala madrasah secara berkala.
II. TUGAS WALI KELAS
1). Pengelolaan kelas
2). Aktif memonitor dan penyelenggaraan
adminitrasi kelas yang meliputi :
w Tempat duduk
w Papan tulis
w Absensi siswa
w Jurnal mengajar
w Tata tertib kelas
w Organisasi kelas
3). Menyusun / membuat statistik kelas siswa
4). Pengisian daftar nilai siswa
5). Pembuatan catatan khusus tentang
siswa
6). Catatan mutasi siswa
7). Pengisian buku laporan pendidikan ( raport )
8). Pembagian buku raport
9). Menanamkan kebersamaan,
kegotong-royongan dan ukhuwah islamiah sehingga mencerminkan kelas yang
menyenangkan bagi semua anggota kelas
10). Aktif memotifasi siswa sehingga
timbul kreatifitas guna menunjang karier dan studynya
11). Bertindak sebagai penengah, baik
antara siswa dengan siswa atau siswa dengan guru
12). Menjaga kelestarian kelengkapan kelas
dengan melibatkan para siswa
III. TUGAS PKM BIDANG KURIKULUM
1).
Menyusun jadwal
pelajaran
2).
Mengatur penataan dan pemanfaatan ruang kelas sesuai
kebutuhan
3).
Berkordinasi dengan waka bidang yang lain untuk
penyesuaian jadwal masing-masing guru yang bersangkutan
4).
Merencanakan dan menyusun serta mempersiapkan
perangkat-perangkat pembelajaran yang dibutuhkan
5).
Membantu tugas kepala madrasah sesuai dengan pendelegasian
tugas yang diserahkan kepadanya.
6).
Turut memfasilitasi peningkatan prestasi siswa berdasarkan
pembinaan yang diperlukan.
7).
Menjadi antar muka (interface) antara guru dan kepala
madrasah.
8).
Mengkoordinir pelaksanaan UUB, UAS, dan UAS-BN.
9).
Melakukan
pengarsipan program kurikulum
10).
Membuat laporan dan mempertanggungjawabkan kepada kepala
madrasah.
IV. TUGAS PKM BIDANG KESISWAAN
1). Mengelola seluruh
kegiatan siswa dengan baik.
2). Membuat
program/agenda kegiatan kesiswaan.
3). Memberikan
pembinaan kesiswaan melalui kegiatan siswa secara terprogram.
4). Mengadakan dan
mendorong siswa untuk mengikuti kegiatan yang diadakan di madrasah.
5). Memfasilitasi
siswa dalam kegiatan lomba baik di dalam maupun di luar madrasah.
6). Bekerja sama
dengan waka dan atau guru lain untuk membantu dalam kegiatan kesiswaan.
7). Mengkoordinir
pelaksanaan ziarah dan wisata siswa.
8). Melaksanakan
kegiatan yang sudah diprogramkan oleh madrasah.
9).
Membuat laporan dan mempertanggungjawabkan kepada kepala
madrasah.
V. TUGAS KOORDINATOR PERPUSTAKAAN
1).
Membuat program pengelolaan ruang dan pemanfaatan buku
perpustakaan.
2).
Mengajukan anggaran pengelolaan perpustakaan madrasah.
3).
Mengatur jadwal pelayanan ruang perpustakaan.
4).
Merencanaakan dan mengadakan buku pustaka (baru) yang
bermutu sesuai kebutuhan dan kemampuan madrasah.
5).
Inventarisasi
dan pengadministrasian
6).
Membuat tata tertib ruang perpustakaan.
7).
Membuat laporan pelakasanaan tugas, baik dalam hal
administrasi umum maupun keuangan perpustakaan.
VI. TUGAS KOORDINATOR LABORATORIUM
1).
Membuat jadwal praktek dan tata tertib pengunaan ruang dan
alat-alat laboratorium.
2).
Mendata dan menginventarisir alat-alat laboratorium.
3).
Merencanakan dan membuat admistrasi kegiatan praktek
laboratorium.
4).
Memelihara dan melakukan perbaikan alat-alat yang
diperlukan.
5).
Mengusulkan kebutuhan alat-alat laboratorium yang
diperlukan dalam kegiatan praktek.
6).
Turut menjaga kebersihan ruang laobratorium.
VII. TUGAS KOORDINATOR UKS
1).
Membuat program pengelolaan UKS.
2).
Mengadakan kebutuhan sarana pengobatan dan obat – obat
yang dibutuhkan.
3).
Mendesain ruang UKS yang nyaman dan aman untuk kebutuhan
siswa.
4).
Bekerja sama dengan guru dan atau karyawan dalam
pelaksanaan tugasnya sesuai situasi dan kondisi.
5).
Menyusun prosedur penanganan masalah yang yang terjadi
berkaitan dengan kesehatan siswa
VIII. TUGAS KEPALA SEKRETARIAT
1).
Membuat program tata usaha madrasah.
2).
Menyusun administrasi perlengkapan madrasah.
3).
Pengelolaan
dan pengarsipan surat-surat masuk dan keluar
4).
Mengelola administrasi ketenagaan dan kesiswaan.
5).
Penyusunan
dan penyajian data/statistik sekolah secara keseluruhan
6).
Membuat laporan pelaksanaan tugas secara berkala.
7).
Bertanggung jawab kepada Kepala madrasah dan dapat
mengajukan usulan dalam pengelolaan kebutuhan administrasi madrasah.
IX. TUGAS KEPALA MADRASAH
1).
Bertanggung jawab keseluruhan pengelolaan Madrasah.
2).
Bersama wakilnya beserta staf menyusun program kerja
3). Mengadakan kunjungan kelas.
4). Mengadakan penilaian (supervise) terhadap kinerja guru.
5).
Menyampaikan segala instruksi/informasi kepada guru dan
karyawan.
6).
Mengadakan hubungan dan kerjasama yang baik dengan
Pengurus, Komite madrasah dan kepada instansi terkait.
X. PENINGKATAN HASIL PRESTASI BELAJAR MURID
1). Menekankan terhadap murid agar memiliki buku
pelajaran/semua mata pelajaran yang diajarkan dengan cara membeli di koperasi madrasah
baik secara kontan maupum mengangsur.
2). Khusus kelas VI diadakan penambahan jam pelajaran diluar
jam efektif yang dimulai setelah pelaksanaan tengah semester ganjil sampai
menjelang pelaksanaan ujian dengan dikenakan sumbangan yang ditentukan oleh madrasah
dan wali murid.
XI. SARANA DAN PRASARANA
Pemanfaatan
dana bantuan baik dari Pemerintah Pusat, daerah maupun dari Instansi lain bila
sewaktu-waktu mendapat bantuan dengan prioritas :
1). Perbaikan bangku, kursi murid.
2). Perlengkapan/perbaikan sarana dalam kelas (kipas angin,
listrik/penerangan dan pengeras suara di kelas)
3). Rak/almari arsip kantor
4). Penataan halaman dan taman madrasah serta tandon air untuk
menyiram bunga.
5). Pengecatan dinding madrasah.
6). Penambahan WC siswa dan pembuatan tempat cuci tangan.
XII. HUBUNGAN DENGAN KOMITE MADRASAH
1). Mengadakan kerjasama Komite madrasah dengan madrasah,
dengan jalan saling memberi insformasi.
2). Mengadakan pertemuan rapim antara madrasah dengan komite madrasah
setiap perencanaan.
3). Melaporkan setiap kegiatan madrasah setiap akhir bulan.
XIII.
HUBUNGAN WALI MURID DAN MASYARAKAT SEKITAR
1). Mengadakan pertemuan awal tahun
khusuas kelas I dan VI
2). Mendatangi wali murid dan membantunya
setiap keluarga murid yang terkena musibah
3). Mengadakan kegiatan pada hari besar
Islam dan nasional yang melibatkan wali murid
4). Membantu wali murid dalam peningkatan
hasil prestasi belajar murid dengan jalan memberi nasehat-nasehat
5). Pengelolaan zakat fitra dan zakat mal
oleh madrasah
6). Mengadakan pertemuan dengan seluruh wali murit setiap
akhir semester.
HAL-HAL LAIN
Program kerja yang
belum tertulis pada program kerja ini, jika menurut pertimbangan sangat
diperlukan atau dibutuhkan akan dilaksanakan dengan jalan memberi
nasehat-nasehat.
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1). Tata tertib madrasah
2). Kalender pendidikan
3). Daftar guru dan karyawan
4). Daftar Pembagian tugas mengajar
5). Daftar murid
6). Daftar pelajaran.
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT. Atas rahmad dan hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan penyusunan program kerja MI AL HIDAYAH Betoyokauman Tahun Pelajaran 2011/2012 ini dengan baik semoga langkah kita
selalu dalam ridhonya amiin.
Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan pada Nabi Muhammad SAW,
yang telah memberikan tuntunan dan tatanan kepada kita.
Harapan kami dengan adanya Program
Kerja ini dapat menjadi pedoman dalam menjalankan madrasah tahun pelajaran
2011/2012 serta untuk lebih meningkatkan kinerja madrasah, dan meningkatkan
mutu madrasah sehingga madrasah mampu menciptakan keunggulan-keunggulan di
semua bidang.
Kami menyadari bahwa Program Kerja yang telah kami susun ini masih
memiliki banyak celah kelemahan dan jauh dari sempurna. Oleh karena itu, segala
kritik, saran, dan masukan yang konstruktif dari berbagai pihak yang kompeten
sangat kami harapkan.
Kepala Madrasah Betoyokauman Manyar Gresik menyampaikan penghargaan dan ucapan terima
kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu penyelesaian Program Kerja ini.
Gresik, Juli 2011
Kepala Madrasah.
PURWANTO, S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar