Sabtu, 22 September 2012

PROGRAM KERJA KEPALA MADRASAH AL HIDAYAH



BAB I
PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara (UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional).
Dalam rangka mempersiapkan otonomi daerah yang diikuti dengan otonomi pendidikan maka perlu adanya perencanaan yang baik dan terarah yang dijadikan acuan dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar.
Sesuai dengan PERMEN nomor 24 tahun 2006 yang menerapkan sistem KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang dituntut semua lulus kemampuan dasar, maka menuntut madrasah untuk membuat Program Kerja yang jelas dan terarah sesuai dengan tuntutan lingkungan Madrasah.
Kemampuan dasar adalah bagian dari standart kopetensi yang menuntut siswa untuk dapat mencapai kemampuan minimum dalam mata pelajaran/bidang studi yang harus dikuasai siswa.
Untuk melaksanakan UU Pendidikan serta ketercapaian Kemampuan Dasar minimum menuntut kepada semua lembaga membuat program kerja yang jelas  dan terarah.
Selanjutnya dengan adanya program yang terencana diharapkan terjadi peningkatan kerja seluruh warga Madrasah yang akhirnya terjadi peningkatan mutu pendidikan khususnya di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah  Betoyokauman kecamatan Manyar kabupaten Gresik Jawa Timur.

B.  Tujuan

Dengan adanya program kerja madrasah tahun pelajaran 2011/2012 ini dengan tujuan :
1.   Mampu memberikan petunjuk didalam menyusun adminitrasi kegiatan belajar mengajar.
2.   Sebagai acuan keberhasilan kegiatan belajar di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah tahun pelajaran 2011/2012.
3.   Memperjelas pembagian tugas, waktu pelaksanaan serta rencana yang akan dituntaskan.
4.   Terjadinya kreatifitas dan inisiatif dalam melaksanakan tugas bagi seluruh warga madrasah.
5.   diharapkan lulusan MI Al Hidayah Betoyokauman memiliki kemampuan dasar sesuai dengan kemampuan minimal yang harus dikuasai oleh setiap siswa serta berakhlakul karimah.




















BAB II
VISI, MISI, TUJUAN, ANALISA KONDISI LINGKUNGAN
DAN KONDISI OBYEKTIF


A.  VISI, MISI, DAN TUJUAN

1.   Visi Madrasah
Terbina dalam Akhlaq, Terdepan dalam Prestasi, dan Berwawasan Lingkungan.
Indikator-Indikatornya adalah:
a.   Siswa memiliki akhlaq yang baik
b.   Unggul dalam pembinaan keagamaan Islam.
c.   Unggul dalam peningkatan prestasi UN
d.   Unggul dalam prestasi Bahasa Arab/Inggris
e.   Unggul dalam prestasi akademik.
f.    Unggul dalam prestasi olah raga.
g.   Unggul dalam prestasi kesenian.
h.  Memiliki lingkungan madrasah yang nyaman dan kondusif untuk belajar.
i.    Mendapatkan kepercayaan dari masyarakat
2.   Misi Madrasah
w  Melaksanakan pembelajaran agama Islam secara berkesinambungan yang berazaskan Ahlussunah Waljama'ah.
w  Menerapkan dan melaksanakan pembelajaran bahasa Arab bahasa Inggris, dan Bahasa Jawa Kromo dengan efektif dan menyenangkan serta terintegrasi melalui program
a.    Ekstra Kurikuler
b.    Sosial Kemasyarakatan dan
c.     Kesenian.
w  Merealisasikan manageman partisipatif dengan melibatkan seluruh warga madrasah dan komite madrasah.
w  Mendorong dan membantu siswa mengenali potensi dirinya untuk dikembangkan secara optimal.

Indikator-Indikatornya Misi adalah:
a.  Menjadikan ajaran-ajaran dan nilai-nilai Islam.sebagai pandangan hidup, sikap hidup dan keterampilan hidup dalam kehidupan sehari-hari.
b.  Memiliki daya saing dalam prestasi Akademik
c.   Memiliki daya saing dalam memasuki pendidikan dasar lebih lanjut (SMP/MTs)  yang favorit.
d.  Memiliki daya saing dalam prestasi akademik dan non akademik.
e.  Memiliki daya saing dalam prestasi KIR pada tingkat lokal,atau nasional
f.   Memiliki daya saing dalam prestasi Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi
g.  Memiliki daya saing dalam prestasi seni dan olah raga.
h.  Memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan.
i.    Memiliki kemampuan beradaptasi dan survive di lingkungannya.
j.    Memiliki lingkungan Madrasah yang nyaman dan kondusif untuk belajar.
k.   Mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

3.   Tujuan Madrasah
Tujuan pendidikan dasar secara umum adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Secara khusus tujuan pendidikan di MI AL HIDAYAH Betoyokauman adalah:
a.  Dapat mengamalkan ajaran agama  hasil proses pembelajaran dan kegiatan pembiasaan;
b.  Meraih prestasi akademik maupun non akademik minimal tingkat Kec. Manyar;
c.  Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi;
d.  Menjadi sekolah pelopor dan penggerak di lingkungan masyarakat sekitar;
e.  Menjadi sekolah yang diminati di masyarakat.

B.  ANALISA KONDISI LINGKUNGAN

1.   Kekuatan
a.   Kelayakan tenaga Guru Cukup memadai
b.   Loyalitas Guru dan karyawan yang tinggi
c.   Sarana pembelajaran cukup memadai
d.   Program madrasah yang dilaksanakan oleh semua guru dan karyawan dengan baik.
e.   Dukungan dari pengurus lembaga yang sangat besar.
2.   Kelemahan
a.   Kinerja staf, karyawan (Karyawan Baru) kurang optimal.
b.   Terbatasnya dana yang tersedia
c.   Sarana dan prasarana kurang sempurna.
d.   Kwalitas kedisiplinan guru masih belum sesuai dengan standart yang ditentukan.
3.   Peluang
a.   Adanya dukungan dari pemerintah.
b.   Diterapkan aturan pendidikan memberi peluang Madrasah untuk berkembang.
c.   Adanya dukungan dari masyarakat yang cukup besar.
d.   Minat siswa dan wali murid pada pendidikan yang berkualitas cukup tinggi
e.   Minat siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler cukup besar.
f.    Adanya sertifikasi bagi guru.
4.   Ancaman
a.   Masyarakat semakin kritis dalam menilai lembaga pendidikan
b.   Kompetisi prestasi lulusan sangat ketat antar lembaga pendidikan
c.   Ketatnya persyaratan untuk melanjutkan kelembaga pendidikan yang lebih tinggi.
d.   Persaingan untuk menjadi juara dalam setiap perlombaan antar madrasah sangat tinggi.
5.   Identifikasi Madrasah
a.   Hasil ujian yang kurang maksimal baik klasikal maupun individual
b.   Kemampuan siswa yang hiterogen dan kesenjangan yang sangat tinggi.
c.   Setelah lulus penghormatan kepada guru berkurang.
d.   Kemampuan ubudiah siswa terus ditingkatkan
e.   Motivasi dan kemampuan bahasa asing yang masih rendah
f.    Kinerja staf dan karyawan kurang maksimal.
g.   Masih ada Guru yang datang terlambat anak sudah baris dan berdo’a.
h.   Masih ada Guru putri yang tidak mendampingi siswa saat sholat Dluhur berjama’ah.
i.    Pemahaman guru dalam membuat perangkat pembelajaran masih kurang.
j.     EDS (Evaluasi Diri Madrasah) dan SPM (Standar Pelayanan Minimal)
6.   Alternatif Langkah Pemecahan Masalah
a.   Mengadakan les khusus siswa kelas terakhir secara rutin
b.   Berkerjasama dengan lembaga terkait ditingkatkan, dalam menunjang keterampilan siswa
c.   Pembiasaan siswa berakhlakul karimah.
d.   Mewujutkan rencana kegiatan dan pembinaan ekstrakurikuler dengan baik dan berkesinambungan.
e.   Penambahan sarana prasarana khususnya bidang ekstrakurikuler
f.    Meningkatkan pengalaman dan pendidikan staf pengajar secara berkala.
g.   Memberikan motifasi pada guru dan staf untuk datang lebih awal.
h.   Selalu mengingatkan pentingnya sholat berjama’ah.
i.    Mengikutsertakan guru dalam pembinaan membuat perangkat pembelajaran.
j.     Selalu mengingatkan Guru dan staf untuk tertib adminitrasi baik pribadi maupun kelembagaan dan berupaya untuk pemenuhan SPM.

C.  SASARAN

1.   Adanya peningkatan hasil ujian akhir secara klasikal minimal  7,50
2.   Siswa berakhlakul karimah baik di madrasah, di rumah, maupun di masyarakat.
3.   Siswa dapat berbicara “Basa Krama” dengan orang yang lebih tua.
4.   Siswa yang lulus mampu menguasai syarat, rukun serta dasarnya dalam sholat fardhu.
5.   Siswa mempunyai ketrampilan berbahasa yang baik
6.   Adanya peningkatan kinerja staf dan karyawan secara terus-menerus.
7.   Pembuatan/pembagian kerja dan piket staf TU yang jelas
8.   Mengoptimalkan kinerja wali kelas.
9.   Setiap awal tahun pelajaran guru sudah siap dengan perangkat pembelajaran dan dapat merealisasikan dengan baik.

D.  IDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSI SASARAN

1.   Peran serta guru mata pelajaran dalam menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan optimal.
2.   Penyusunan buku panduan praktek ubudiyah.
3.   Ekstra bahasa Jawa (Kromo) dimaksimalkan (diadakan hari-hari khusus untuk berbahasa kromo)
4.   Perbaikan dan pengadaan sarana dan prasarana penunjang berbahasa
5.   Merencanakan dan menoktimalkan lembaga dengan baik
6.   Secara rutin mengadakan pembinaan terhadap staf dan karyawan
7.   Bekerja sama dengan lembaga terkait.
8.   Penambahan peralatan praktik (Olah raga, Kesenian, Komputer, IPA, Bahasa, dan Matematika)
9.   Pengadaan penunjang KBM (ruang untuk pembelajaran dengan proyektor).
10. Menjalin rasa persaudaraan yang tinggi antar Guru dan Karyawan.
11. Pengadaan kipas angin untuk setiap kelas dan perbaikan penerangan ruang.




























BAB III
PROGRAM KERJA MI AL HIDAYAH BETOYOKAUMAN
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

I.    BIDANG KURIKULUM

Untuk memenuhi target kurikulum yang maksimal, Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk semua kelas dari kelas I s/d VI. Kelas I dan II jumlah jam per minggu 36. kelas  III  – VI 52 jam.
Untuk kelas VI setelah midl semester ganjil ada penambahan jam yang dikemas dalam les di madrasah yang dilaksanakan pada malam/sore hari untuk bidang studi umum yang di UN kan sedangkan untuk bidang studi yang lain terutama bidang studi Agama dilaksanakan setelah Ujian semester Ganjil, dan pembinaan khusus keagamaan yaitu istighotsah yang dilaksanakan satu bulan dua kali pada malam Jumat, yang harapannya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan memberikan kemantapan lahir maupun bathin dalam menghadapi UAMBN-UN sehingga nilai UAMBN-UN semakin meningkat.
II.   BIDANG EKSTRAKURIKULER
a.   Komputer
Ekstra komputer ini dilaksanakan siswa kelas III, IV, V selama dua semester sedangkan untuk kelas VI hanya satu semester dengan membentuk kelompok-kelompok yang terdiri dari 10 siswa, adapun pendanaan kegiatan ini diperoleh dari siswa dan disubsidi oleh pengurus madrasah.
b.   Praktek Ibadah
Kegiatan ini dilaksanakan siswa kelas I - IV dengan pembinaan khusus masalah pelaksanaan kegiatan seputar sholat dan syarat rukunnya, untuk kelas V dan VI diadakan pembinaan khusus tentang masa pubertas. Dibina oleh seorang guru dan dilaksanakan secara bergiliran.

c.   Sholat Dhuhur Berjama’ah
Usia siswa yang masih labil dalam menerima ajakan dan saran terlebih dalam melaksanakan sholat berjama’ah perlu dipupuk sejak dini sehingga anak terbiasa dalam melaksanakan sholat berjama’ah. Adapun ekstra sholat berjama’ah ini dilaksanakan untuk kelas III s/d VI. Untuk kelas I dan II karena pulangnya pukul 11.00 WIB maka, tidak diikutkan.
Mulai tahun 2009/2010 pelaksanaan sholat dhuhur tepat waktu sudah dilaksanakan, yaitu pada saat adzan Dluhur pelaksanaan KBM dihentikan untuk melaksanakan sholat Dluhur, selanjutnya kekurangan waktu akan dilanjutkan setelah pelaksanaan sholat Dluhur yang tujuannya untuk menanamkan pada diri anak sejak dini betapa pentingnya sholat bagi seorang muslim, sehingga apapun yang mereka kerjakan ditinggalkan untuk melaksanakan sholat berjama’ah.
d.   Sholat Dhuha
Kegiatan ini dilaksanakan siswa kelas III – VI  dibagi menjadi dua  kelompok  putra dan putri setiap kelompok dibina oleh guru yang mengajar pada hari itu, dilaksanakan di masjid Baiturrohim Betoyokauman pada saat istirahat secara bergantian, satu hari untuk putra dan satu hari untuk putri yang diharapkan membiasakan anak untuk melaksanakan sholat dhuhah.
e.   Kepramukaan
Pembinaan kepramukaan ini dilaksanakan secara rutin dengan harapan dapat mencetak anak yang disiplin, tegas, mandiri, tanggung jawab, dan berakhlakul karimah. pelaksanaannya setiap Jum’at yang terdiri dari dua jenjang kelas I-III (Siaga) dan kelas IV-VI (Penggalang). Dibina oleh 1 pembina satuan dan 2 pembina Bantu dan pada saat liburan diadakan kegiatan perkemahan/jelajah alam harapannya anak lebih mengenal dan mencintai lingkungannya.


f.    Hafalan Surat Yasin/Waqia dan Surat-surat Pendek
Kegiatan ini bertujuan untuk menunjang praktek keagamaan dan memanfaatkan usia anak dimana ada pepatah. “Belajar diwaktu kecil bagai mengukir di atas batu, belajar sesudah dewasa laksana mengukir di atas air” pepatah itulah yang mendorong kegiatan ini untuk menanamkan hafalan-hafalan yang akan melekat pada diri anak sampai mati.
g.   Drum Band
Dengan semakin besarnya dukungan dari masyarakat dan pengelolah lembaga Al Hidayah sehingga mampu mewujudkan kegiatan ekstra Dram Band yang bertujuan untuk menjaring potensi-potensi pada siswa yang nantinya dapat dilanjutkan pada jenjang selanjutnya, dan merupakan ladang promosi untuk menunjukkan pada masyarakat sekitar keberadaan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Al Hidayah Betoyokauman, dan harapannya di tahun pelajaran 2011/2012 dengan adanya penambahan peralatan kegiatan Drum Band MI Al Hidayah lebih baik.
h.   Samroh
Kota Gresik yang identik dengan julukan kota santri, sehingga kesenian-kesenian yang bersifat keagamaan selalu dibangakannya dan kegiatan ini setiap tahun pasti dilombakan sehingga untuk memperoleh juara maka pembinaan harus selalu digalakkan.
i.    Istighosah
Dilaksanakan secara rutin tiap bulannya dan khusus kelas VI dalam rangka pembinaan mental untuk menghadapi Ulangan Akhir Madrasah (UAS) dilaksanakan tiap malam Jum’at  diikuti oleh seluruh dewan guru, dan menjelang ujian akan dilaksanakan bersama-sama dengan wali murid.


j.    Pembinaan Olah Raga Prestasi
Dilaksanakan secara rutin  khusus untuk tahun ini dalam rangka mempersiapkan kontingen PORSENI pembinaan lebih diintensifkan  sehingga diharapkan siswa akan dapat berprestasi, ada pun teknik pembinaan dan penjaringan siswa akan diatur sesuai dengan kebutuhan dan untuk setiap bidang olah raga akan dibina oleh satu guru.

k.   Pembinaan KIR/Bidang studi yang dilombakan
Dilaksanakan secara rutin  dalam rangka untuk menyiapkan siswa-siswi yang mampu bersaing dalam setiap perlombaan, (lomba mata pelajaran, pelajar teladan, olimpiade) sehingga diharapkan setiap ada kompetisi siswa-siswi membawa tropi juara.

l.    Mengaji Al Qur’an
Pada tahun pelajaran 2011/2012 diupayakan diberi waktu khusus untuk mengaji Al Qur’an 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, dengan harapan siswa lebih mendalami agama dan mempunyai pembiasaan yang baik.

III.  TENAGA PENGAJAR
Pembinaan rutin melalui rapat bulanan oleh kepala madrasah Ibtidaiyah, supervisi terpadu PPAI, supervisi dari Kementrian Agama Kab. Gresik atau Kanwil sewaktu-waktu didatangi.
Mengikutsertakan/mengirim tenaga pendidik setiap ada penataran/pelatihan yang diadakan oleh Kemenag, Dinas Pendidikan maupun oleh LSM. Yang harapannya guru akan semakin trampil dalam membuat perangkat pembelajaran dan menciptakan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.


IV. BIDANG KARYAWAN
Mengadakan pengawasan dan pembinaan terhadap kerja staf Tata Usaha setiap saat dan pembagian tugas yang merata dan sesuai dengan jobnya masing-masing.
Pengadaan computer khusus untuk TU sehingga surat-menyurat dan adminitrasi keuangan dapat tertata rapi.
Mengusulkan peningkatan honor yang disesuaikan dengan prestasi kinerja mereka.


























BAB IV
GARIS-GARIS PEMBAGIAN TUGAS

I.    TUGAS GURU
Bertanggung jawab kepada Kepala Madrasah dalam melaksanakan KBM meliputi :
1).     Melaksanakan proses belajar mengajar (PBM) sesuai dengan mata pelajaran yang dipercayakan.
2).     Membuat perangkat pembelajaran (RPE, program tahunan, program semester, satuan pelajaran, kisi-kisi soal, analisis soal  sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kemudian diserahkan kepada kepala madrasah atau waka kurikulum.
3).     Melaksanakan evaluasi terhadap anak didik.
4).     Mengisi daftar nilai anak didik
5).     Melaksanakan analisis hasil ulangan harian
6).     Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
7).     Melaksanakan kegiatan membimbing (pengimbasan pengetahuan), kepada guru lain dalam proses pembelajaran
8).     Membuat alat pelajaran/alat peraga
9).     Mengadakan pengembangan program pembelajaran
10).   Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar anak didik
11).   Mengisi dan meneliti daftar hadir sebelum memulai pelajaran
12).   Mengatur kebersihan ruang kelas dan sekitarnya
13).   Menjadikan kelas yang kondusif sewaktu melaksanakan proses belajar mengajar.
14).   Membimbing dan membina agar siswa giat belajar.
15).   Membuat laporan tentang pelaksanaan tugas yang telah dipercayakan, kepada kepala madrasah secara berkala.





II.   TUGAS WALI KELAS
1).     Pengelolaan kelas
2).     Aktif memonitor dan penyelenggaraan adminitrasi kelas yang meliputi :
w   Tempat duduk
w   Papan tulis
w   Absensi siswa
w   Jurnal mengajar
w   Tata tertib kelas
w   Organisasi kelas
3).     Menyusun / membuat statistik kelas siswa
4).     Pengisian daftar nilai siswa
5).     Pembuatan catatan khusus tentang siswa
6).     Catatan mutasi siswa
7).     Pengisian buku laporan pendidikan ( raport )
8).     Pembagian buku raport
9).     Menanamkan kebersamaan, kegotong-royongan dan ukhuwah islamiah sehingga mencerminkan kelas yang menyenangkan bagi semua anggota kelas
10).   Aktif memotifasi siswa sehingga timbul kreatifitas guna menunjang karier dan studynya
11).   Bertindak sebagai penengah, baik antara siswa dengan siswa atau siswa dengan guru
12).   Menjaga kelestarian kelengkapan kelas dengan melibatkan para siswa
III. TUGAS PKM BIDANG KURIKULUM
1).      Menyusun  jadwal pelajaran
2).      Mengatur penataan dan pemanfaatan ruang kelas sesuai kebutuhan
3).      Berkordinasi dengan waka bidang yang lain untuk penyesuaian jadwal masing-masing guru yang bersangkutan
4).      Merencanakan dan menyusun serta mempersiapkan perangkat-perangkat pembelajaran yang dibutuhkan
5).      Membantu tugas kepala madrasah sesuai dengan pendelegasian tugas yang diserahkan kepadanya.
6).      Turut memfasilitasi peningkatan prestasi siswa berdasarkan pembinaan yang diperlukan.
7).      Menjadi antar muka (interface) antara guru dan kepala madrasah.
8).      Mengkoordinir pelaksanaan UUB, UAS, dan UAS-BN.
9).      Melakukan pengarsipan program kurikulum
10).   Membuat laporan dan mempertanggungjawabkan kepada kepala madrasah.
IV. TUGAS PKM BIDANG KESISWAAN
1).      Mengelola seluruh kegiatan siswa dengan baik.
2).      Membuat program/agenda kegiatan kesiswaan.
3).      Memberikan pembinaan kesiswaan melalui kegiatan siswa secara terprogram.
4).      Mengadakan dan mendorong siswa untuk mengikuti kegiatan yang diadakan di madrasah.
5).      Memfasilitasi siswa dalam kegiatan lomba baik di dalam maupun di luar madrasah.
6).      Bekerja sama dengan waka dan atau guru lain untuk membantu dalam kegiatan kesiswaan.
7).      Mengkoordinir pelaksanaan ziarah dan wisata siswa.
8).      Melaksanakan kegiatan yang sudah diprogramkan oleh madrasah.
9).      Membuat laporan dan mempertanggungjawabkan kepada kepala madrasah.
V.  TUGAS KOORDINATOR PERPUSTAKAAN
1).      Membuat program pengelolaan ruang dan pemanfaatan buku perpustakaan.
2).      Mengajukan anggaran pengelolaan perpustakaan madrasah.
3).      Mengatur jadwal pelayanan ruang perpustakaan.
4).      Merencanaakan dan mengadakan buku pustaka (baru) yang bermutu sesuai kebutuhan dan kemampuan madrasah.
5).      Inventarisasi dan pengadministrasian
6).      Membuat tata tertib ruang perpustakaan.
7).      Membuat laporan pelakasanaan tugas, baik dalam hal administrasi umum maupun keuangan perpustakaan.
VI. TUGAS KOORDINATOR LABORATORIUM
1).      Membuat jadwal praktek dan tata tertib pengunaan ruang dan alat-alat laboratorium.
2).      Mendata dan menginventarisir alat-alat laboratorium.
3).      Merencanakan dan membuat admistrasi kegiatan praktek laboratorium.
4).      Memelihara dan melakukan perbaikan alat-alat yang diperlukan.
5).      Mengusulkan kebutuhan alat-alat laboratorium yang diperlukan dalam kegiatan praktek.
6).      Turut menjaga kebersihan ruang laobratorium.
VII.      TUGAS KOORDINATOR UKS
1).      Membuat program pengelolaan UKS.
2).      Mengadakan kebutuhan sarana pengobatan dan obat – obat yang dibutuhkan.
3).      Mendesain ruang UKS yang nyaman dan aman untuk kebutuhan siswa.
4).      Bekerja sama dengan guru dan atau karyawan dalam pelaksanaan tugasnya sesuai situasi dan kondisi.
5).      Menyusun prosedur penanganan masalah yang yang terjadi berkaitan dengan kesehatan siswa
VIII.    TUGAS KEPALA SEKRETARIAT
1).      Membuat program tata usaha madrasah.
2).      Menyusun administrasi perlengkapan madrasah.
3).      Pengelolaan dan pengarsipan surat-surat masuk dan keluar
4).      Mengelola administrasi ketenagaan dan kesiswaan.
5).      Penyusunan dan penyajian data/statistik sekolah secara keseluruhan
6).      Membuat laporan pelaksanaan tugas secara berkala.
7).      Bertanggung jawab kepada Kepala madrasah dan dapat mengajukan usulan dalam pengelolaan kebutuhan administrasi madrasah.
IX. TUGAS KEPALA MADRASAH
1).     Bertanggung jawab keseluruhan pengelolaan Madrasah.
2).     Bersama wakilnya beserta staf menyusun program kerja
3).     Mengadakan kunjungan kelas.
4).     Mengadakan penilaian (supervise) terhadap kinerja guru.
5).     Menyampaikan segala instruksi/informasi kepada guru dan karyawan.
6).     Mengadakan hubungan dan kerjasama yang baik dengan Pengurus, Komite madrasah dan kepada instansi terkait.
X.  PENINGKATAN HASIL PRESTASI BELAJAR MURID
1).     Menekankan terhadap murid agar memiliki buku pelajaran/semua mata pelajaran yang diajarkan dengan cara membeli di koperasi madrasah baik secara kontan maupum mengangsur.
2).     Khusus kelas VI diadakan penambahan jam pelajaran diluar jam efektif yang dimulai setelah pelaksanaan tengah semester ganjil sampai menjelang pelaksanaan ujian dengan dikenakan sumbangan yang ditentukan oleh madrasah dan wali murid.
XI. SARANA DAN PRASARANA
Pemanfaatan dana bantuan baik dari Pemerintah Pusat, daerah maupun dari Instansi lain bila sewaktu-waktu mendapat bantuan dengan prioritas :
1).     Perbaikan bangku, kursi murid.
2).     Perlengkapan/perbaikan sarana dalam kelas (kipas angin, listrik/penerangan dan pengeras suara di kelas)
3).     Rak/almari arsip kantor
4).     Penataan halaman dan taman madrasah serta tandon air untuk menyiram bunga.
5).     Pengecatan dinding madrasah.
6).     Penambahan WC siswa dan pembuatan tempat cuci tangan.
XII.      HUBUNGAN DENGAN KOMITE MADRASAH
1).     Mengadakan kerjasama Komite madrasah dengan madrasah, dengan jalan saling memberi insformasi.
2).     Mengadakan pertemuan rapim antara madrasah dengan komite madrasah setiap perencanaan.
3).     Melaporkan setiap kegiatan madrasah setiap akhir bulan.
XIII.    HUBUNGAN WALI MURID DAN MASYARAKAT SEKITAR
1).     Mengadakan pertemuan awal tahun khusuas kelas I dan VI
2).     Mendatangi wali murid dan membantunya setiap keluarga murid yang terkena musibah
3).     Mengadakan kegiatan pada hari besar Islam dan nasional yang melibatkan wali murid
4).     Membantu wali murid dalam peningkatan hasil prestasi belajar murid dengan jalan memberi nasehat-nasehat
5).     Pengelolaan zakat fitra dan zakat mal oleh madrasah
6).     Mengadakan pertemuan dengan seluruh wali murit setiap akhir semester.

HAL-HAL LAIN
Program kerja yang belum tertulis pada program kerja ini, jika menurut pertimbangan sangat diperlukan atau dibutuhkan akan dilaksanakan dengan jalan memberi nasehat-nasehat.



Gresik,   Juli 2011
Kepala Madrasah,





PURWANTO, S.Pd
 
 










LAMPIRAN-LAMPIRAN
1).    Tata tertib madrasah
2).    Kalender pendidikan
3).    Daftar guru dan karyawan
4).    Daftar Pembagian tugas mengajar
5).    Daftar murid
6).    Daftar pelajaran.



























KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT. Atas rahmad dan hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan penyusunan program kerja  MI AL HIDAYAH Betoyokauman Tahun Pelajaran 2011/2012 ini dengan baik semoga langkah kita selalu dalam ridhonya amiin.  Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan pada Nabi Muhammad SAW, yang telah memberikan tuntunan dan tatanan kepada kita.
Harapan kami dengan adanya Program Kerja ini dapat menjadi pedoman dalam menjalankan madrasah tahun pelajaran 2011/2012 serta untuk lebih meningkatkan kinerja madrasah, dan meningkatkan mutu madrasah sehingga madrasah mampu menciptakan keunggulan-keunggulan di semua bidang.
Kami menyadari bahwa Program Kerja yang telah kami susun ini masih memiliki banyak celah kelemahan dan jauh dari sempurna. Oleh karena itu, segala kritik, saran, dan masukan yang konstruktif dari berbagai pihak yang kompeten sangat kami harapkan.
Kepala Madrasah Betoyokauman Manyar Gresik menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu penyelesaian Program Kerja ini.
                                                            

Gresik,     Juli  2011
Kepala Madrasah.



PURWANTO, S.Pd
                                   




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar